Desember seakan menjadi penanda berakhirnya masa pembelajaran semester ganjil. Dimasa tersebut, sekolah akan dihadapkan dengan rutinitas yakni penilaian/asesmen akhir semester. Pada kegiatan ini, UPTD SPF SMPN 3 Bondowoso sebagai salah satu Sekolah Penggerak berupaya memaksimalkan potensi serta sumber daya teknologi informasi yang dimiliki guna menciptakan sekolah berbasis digital. Adapun hal yang dilakukan yakni mengkolaborasi gawai/smartphone siswa dengan server sekolah sehingga dapat terlaksana kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Berbasis Android. Tentunya kegiatan tak luput dari koordinasi mendalam antara Kepala Sekolah, Kurikulum, serta TIM IT SPAGA yang dilanjutkan dengan pelaksanaan 2 kali simulasi guna memperlancar jalannya kegiatan inti.



Seperti halnya ungkapan “Hasil tak akan khianati niat dan usaha”, kegiatan ASA Berbasis Android bagi kelas 7 dan 8 serta PAS berbasis kertas bagi kelas 9 di hari pertama yakni Kamis, 7 Desember 2023 dapat dikatakan tertib, lancar, dan menggugah antusias peserta. Hal tersebut dapat diamati dari data ketidakhadiran (sakit) yang hanya berjumlah 4 dari 598 peserta. Selain itu, jurnal kegiatan turut menunjukkan bahwa tidak adanya peserta yang terlambat dan atau melakukan pelanggaran.



Secara umum kegiatan ini diawali dengan pemberian penguatan serta penyampaian hal teknis pada pengawas ruang serta proktor oleh Waka Kurikulun Ibu Genduk Rahayu, S.Pd dan pembacaan doa oleh Bapak Fauzan Abdillah, S.E.I. sampai akhirnya pengawas memasuki ruang ujian. Selama proses ujian hari pertama berlangsung terpantau kondisi peserta sangat tertib dan tenang meski sesekali terdapat interaksi antara peserta dengan proktor berkenaan gangguan teknis yang bersifat minor seperti gagal login dan reset token. Namun, seluruh permasalahan tersebut dapat segera teratasi. Begitu pula peserta yang mengalami kendala pada gawainya dapat teratasi dengan memanfaatkan LAB TIK.



Meski pelaksanaan hari pertama ASA Berbasis Android serta PAS bertepatan dengan tugas kedinasan Kepala UPTD SPF SMPN 3 Bondowoso Ibu Elok Riskiyah, S,Ag. M.Pd ke luar kota, beliau tetap terus memantau melalui CCTV serta komunikasi/koordinasi intens jarak jauh bersama panitia untuk mendapakan laporan terkini. Tak lupa juga di tengah padatnya tugas kedinasan luar kota, Ibu Elok Riskiyah, S.Ag. M.Pd turut memberikan semangat, penguatan, doa, serta ucapan terimakasih melalui grup whatsapp kepada seluruh guru dan staf yang telah mensukseskan kegiatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *